Posted by: phandaka | February 2, 2009

LOMBA FILM DOKUMENTER

Lomba Ilmiah Mahasiswa Sosial Politik Universitas Indonesia (LIMAS UI) 2009

Deadline: 17 Februari 2009

Tema: Ekonomi Kreatif Masyarakat Indonesia.
Film dokumenter ini berisi tentang penggambaran keadaan UKM yang ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia, misalnya menceritakan mengenai pengembangan dan penciptaan sumber penghasilan atau lapangan kerja baru, juga keadaan ekonomi kreatif dalam bidang lingkungan hidup, seperti upaya daur ulang, pencegahan pencemaran, atau pencegahan pemanasan global.

Syarat Lomba :

  1. Peserta adalah masyarakat umum, tim terdiri dari 2-5 orang
  2. Lomba ini tidak dikenakan biaya pendaftaran

Petunjuk Teknis :

  1. Peserta diharuskan mengumpulkan film documenter dalam format MPEG dalam CD kepada panitia Limas (alamat tertera di bawah) dengan durasi 5-8 menit.
  2. Peserta wajib mengirimkan film beserta proposal penjelasan mengenai film yang dibuat. Isi proposal mencakup ide, judul, sinopsis, expose, treatment, skenario, shooting script, dan story board.
  3. Proposal dikirim dalam bentuk print out (hard copy)dan film dalam format CD ke :

Panitia Lomba Film Dokumenter LIMAS UI 2009,
Sekretariat BEM FISIP UI,
Gedung yong Ma,
Lantai 2 FISIP UI,
Kampus UI Depok 16424

4. Proposal dan film tersebut harus sudah diterima oleh panitia paling lambat tanggal 24 Februari 2009

5. Peserta wajib melampirkan biodata dan scan/fotocopy tanda identitas (KTP/SIM/Kartu Tanda Mahasiswa) serta mencantumkan nomer kontak yang bisa dihubungi (email dan no. Hp/Telp)
Pemenang akan diumumkan pada hari Kamis, 5 Maret 2009 dalam acara Seminar dan Closing Ceremony LIMAS UI 2009 di ruang AJB Bumiputera FISIP UI Depok. Pemenang akan dihubungi oleh panitia dan juga akan diumumkan dalam website LIMAS UI 2009

Contact Person Lomba Film Dokumenter : Mimi (08159670205)

Hadiah? bisa tanyakan ke Contact Person diatas atau ke email: lombaceritaanaklimas@gmail.com


Responses

  1. BPSNT PADANG ADAKAN LOMBA PEMBUATAN FILM DOKUMENTER

    Untuk menjaring apresiasi sineas muda Sumatera Barat Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Padang Departemen Kebudayaan dan Pariwisata melalui Pokja Seni dan Film bekerjasama dengan Dewan Kesenian Sumatera Barat tahun 2009 ini mengadakan 2 kegiatan lomba yaitu Lomba Pembuatan Film Dokumenter dan Lomba Penulisan Naskah Randai. Lomba pembuatan film dokumenter ini terbuka untuk umum dengan tim produksi terdiri dari 3 orang berusia maksimal 35 tahun pada 30 Mei 2009. Rois Leonard Arios sebagai ketua Pokja Seni dan Film BPSNT Padang yang juga menjadi ketua panitia mengatakan kriteria untuk film dokumenter yang dilombakan harus karya tahun 2008/2009, original, belum pernah memenangi lomba sejenis, baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional, dan belum pernah ditayangkan di media manapun. Tema film menyangkut sejarah dan budaya di Provinsi Sumatera Barat, bisa mengenai peristiwa, tokoh, dan bangunan sejarah. Sedangkan tema budaya bisa berupa upacara tradisional, kehidupan masyarakat di suatu daerah/nagari, tokoh budaya, dan lain-lain), dengan durasi film 20 s.d. 24 menit.
    Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu film dengan mengikuti kriteria yang ditetapkan. Karya peserta dalam format AVI miniDV dan DVD sudah diterima panitia paling lambat tanggal 30 Mei 2009 (cap pos) atau diantar langsung ke alamat panitia Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Padang (BPSNT) Padang, Jalan Raya Belimbing No. 16A Kuranji Padang atau melalui Dewan Kesenian Sumatera Barat (DKSB), Kompleks Taman Budaya Sumatera Barat, Jalan Diponegoro No. 31 Padang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Rois Leonard Arios (081363822769), Femmy (081363212028), dan Alda Wimar (081363435150).
    Tim penilai terdiri dari para praktisi film, jurnalis televisi, serta pengajar di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat. Dewan Juri akan menetapkan 10 (sepuluh) film terbaik yang akan ditayangkan di Pekan Budaya Sumatera Barat tahun 2009. Dari 10 Film Dokumenter Terbaik akan ditetapkan 3 pemenang utama dan mendapatkan Piagam Pemghargaan dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, serta hadiah uang total Rp.15.000.000,-. Film terbaik juga akan ditayangkan di salah satu stasiun televisi lokal Sumatera Barat.
    Untuk kegiatan lomba ini ada yang istimewa yaitu dengan penyelenggaraan Workshop Pembuatan Film pada bulan Juli 2009 yang diikuti oleh seluruh peserta pada saat pengumuman pemenang. Pada saat ini diharapkan seluruh peserta terutama film yang masuk nominasi hadir. Untuk workshop tidak dipungut biaya apapun dan peserta bebas untuk mengikutinya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: