Posted by: phandaka | March 31, 2009

PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR 2009

Yayasan Bina Antarbudaya adalah lembaga nirlaba berbasis relawan yang mengelola program pendidikan antarbudaya guna mempersiapkan pemimpin – pemimpin masa depan. Organisasi ini bermitra dengan AFS Intercultural Programs yang merupakan organisasi pendidikan dan relawan internasional yang memberikan kesempatan bagi pemuda dan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan, sikap serta keterampilan antarbudaya tanpa membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial ekonomi.

Bina Antarbudaya berusaha mempersiapkan dan mengembangkan calon pemimpin masa depan yang lebih peka, paham serta peduli pada lingkungan sekitar lewat pembelajaran pemahaman antarbudaya. Melalui interaksi dengan masyarakat negara lain kita dapat belajar berbagi, berkomunikasi, menghargai dan mencintai satu sama lain diatas segala perbedaan. Kelak diharapkan akan tumbuh pemimpin – pemimpin masa depan yang menghargai perbedaan, menjunjung tinggi perdamaian dan persahabatan, membangun hubungan yang positif dan sinergi antar individu, antar masyarakat dan antarbangsa dalam upaya mewujudkan perdamaian serta kesejahteraan umat manusia.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Bina Antarbudaya membuka kesempatan untuk mengikuti proses seleksi pertukaran pelajar Year Program / Intensive Program bagi pelajar SMA serta Jenesys Intensive Program bagi Guru SMA.

Program, Periode Keberangkatan & Durasi Program:
AFS Program (11 Bulan)
Maret 2010 negara tujuan Jepang
Agustus – September 2010 negara tujuan Amerika Serikat/Eropa

YES Program (11 Bulan)/Amerika Serikat
Agustus 2010

Jenesys/Jepang
Year Program (11 Bulan) berangkat: Maret 2010
Intensive Program (2 Minggu) berangkat: Desember 2009

Masa pendaftaran: 25 Maret 2009 – 30 April 2009.

Persyaratan umum:
– Warga Negara Indonesia.
– Sehat jasmani dan rohani.
– Mengikuti dan lulus proses seleksi bertahap yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
– Bersedia berangkat pada bulan Desember (khusus Intensive Programs).

Persyaratan tambahan untuk Siswa:
– Siswa kelas 1 SMA/SMK/Aliyah/ sederajat.
– Usia 15-16 tahun 7 bulan (kelahiran 1 September 1992 – 1 April 1994).
– Aktif berorganisasi dan berprestasi dalam beberapa kegiatan.
– Mendapat izin dari orang tua dan sekolah.

Persyaratan tambahan untuk Guru:
– Guru SMA/Sederajat.
– Peduli serta aktif mengembangkan pendidikan di sekolah/lingkungannya.
– Belum pernah mengikuti program pertukaran, pelatihan, bersekolah, studi banding/kegiatan sejenis ke Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut pendaftaran silahkan buka
www.bina-antarbudaya.net

Atau menghubungi/datang langsung ke:
(Tidak melayani pesan singkat/SMS)

Chapter Banda Aceh
Jl. Rawasakti VII,
LR. Meulagu I No. 12
Jeulingke, Banda Aceh.
cp: Dian Sukma (0878 9018 2443)
chapterbandaaceh@yahoo.com

Chapter Bandung
Jl. Bukit Dago Utara II no. 9
Bandung.
cp: Rizki (0899 6805 721)
binabud.bdg@ gmail.com
http://binabudbdg.wordpress.com

Chapter Banjarmasin
LBPP LIA
Jl. Gatot Subroto No. 1
Banjarmasin.
cp: Maladi (0511 – 753 4373)
chapterbanjarmasin@ yahoo.com

Chapter Bogor
Jl. Arimbi 5 No. 10,
Bumi Indraprasta, Bogor.
cp: Ayun (0812 860 108)
yba_bogor@yahoo.co.id

Chapter Jakarta
Jl. Limau No. 22, Kebayoran Baru
Jakarta 12130.
cp: Alex (0817 0770 380)
www.babjakarta.org
chapterjakarta@gmail.com

Chapter Karawang
SMA Negeri 1 Karawang
Jl. Ahmad Yani No. 22
Karawang 41312.
cp: Dwi S. Agus (0812 849 6038)
chapterkarawang@ yahoo.com

Chapter Makassar
Jl. Mappaodang No. 7 Makassar.
cp: Asni (0813 5572 5333)
Mirzalina Z. (0813 4359 0907)
yba_afsmksr@ yahoo.com

Chapter Malang
Jl. AR. Hakim V/ 585 Malang.
cp: Muzakki (0341 – 941 6974)
yba_malang@yahoo.com

Chapter Medan
Jl. Abdulah Lubis no. 48/75,
Medan 20154
cp: Shamir Hasyim (0811 644 008)
chaptermedan@yahoo.com

Chapter Padang
RT 1 RW 5 (Bengkel Laris)
Simpang Gadut
Bandar Buat
Padang 25132
cp: Rahima (0751 – 7872 117)

Chapter Palembang
d.a. SMA 17 Palembang
Jl. Mayor Zurbi Bustan
Lebong Siarang, Palembang.
cp: Chomariyah (0815 3253 5576)
Arpani (0813 6778 5935)
chapterpalembang@yahoo.com

Chapter Samarinda
Jl. Lambungmangkurat
Rt 32 no. 05, Samarinda 75117.
cp: Nasir (0852 5053 2307)
chapter.samarinda@yahoo.com

Chapter Semarang
Jl. Papandayan no.299
Semarang 50232.
cp: Alvien (0899 5885 997)
Azis (0856 4087 6544)
chaptersemarang@ yahoo.com

Chapter Surabaya
Jl. Dukuh Kupang Timur
Gg. 13 No. 41, Surabaya 60256.
cp: Yesaya (0856 4821 0880)
chaptersurabaya@ gmail.com

Chapter Yogyakarta
Jl. Gadjah Mada No. 4,
Pakualaman, Yogyakarta.
cp: Dea (0856 88 666 44)
Ita (0815 7879 7844)
ybajogja@yahoo.com


Responses

  1. program ini gak ada yg buat mahasiswa ya?
    thx b4

  2. Mas… mau tanya..
    di bina antarbudaya kok tulisan pendaftaranya tahun 2008 mas..? gak 2009?
    blz di email aja ya mas…
    thaks

  3. Bagaimana dengan biaya nya???

  4. ada tidak yang buat pasca sarjana. saya tolong di infokan ya

  5. ass…
    Ehm… klO mW iKUd in hRus Tw sMua ttG pngthuan
    iia???????
    tHx b4.

  6. masa pendaftarannya sampai 30 april ito untuk yg brangkat thn 2010 y mas??
    thq

  7. apa pertukaran pelajar ini hanya untuk mengenal budaya negara lain saja ? bukan membantu kita memperdalam pengetahuan kita ? Saya sudah mendapatkan formulir pendaftaran, tapi saya masih ragu jika hanya untuk mengenal budaya negara lain.
    tolong info yang lengkap, di email aja,

  8. kalau daftar sekarang sudah telat belum..?

  9. wah yang lahir 3 mei 94 nggak bisa ikut tahun ini dong ya?
    bales ke email aja

  10. apa ada pertukarn pelajar yang lebih singkat waktunya ?\
    saya siswa kelas 11, apa bisa mengikuti program jenesys ke jepang ?
    tahun 2008 say juga mengikuti program ini.

  11. kalo yang untuk anak smp gak ada ya ? minta yang kelahiran 6 Juni 1995 dan 8 Februari 2009

  12. kalo ada aku juga minta yg buat smp dong !
    biaya nya bayar sendiri ta ?

    bales ke email

  13. smua program di ata pendaftarannya dari 25 Maret 2009 – 30 April 2009 atau program jensys aja?

  14. apakah program ini ada setiap tahunnya?
    kalau ada, apakah jadwal pendftarannyanya juga sama, yaitu pada bulan maret-april?
    tolong kalo ada lagi, hubungi saya dunk!!
    saya pengen ikut. tapi yang tahun ini saya telat!!

  15. Afs kn ud lewat,
    Apakah ud ada prgrm pertukaran pelajar sma slain afs.
    Gw br dpt info 2mgg lalu,
    Jd gw trlmbt,
    Gw lahir th 1993,
    Balez yah,
    Urgent bgd nc,..
    Lw ga isa, rep ke email q aja

    • belum ada…tapi coba hubungi saja contact pointnya barangkali bisa bantu karena biayanya kan dari masing-masing..bukan dari pemerintah

  16. kk’ q yg baek maaf sebelumnya k’ kloo tdk sopan ka’ mungkin bertanya melalui email…
    begini k’ kapan pengumuman AFS tahun nich…??? n syp yg bisa d hubungi soalnya saya tidak tahu syp yang bisa di hubungi n hri kpn pi itu..??? makasih sebelumnya kk’

  17. mas kalo mau pertukaran mahasiswa gratis ke USA ada tau info ga???web gitu???

  18. saya ikut program ini lewat chapter malang….. masih dalm proses seleksi tapi moga2 keterima.. tapi katanya yang ikut YES biaya gratis tow mas…??? kalau AFS????

  19. Hai…
    Saya Nur…
    Saya salah satu peserta seleksi AFS dari Papua yang dihendel oleh Chapter Makssar..
    Dan Alhamdulillah saya sudah lolos untuk seleksi tahap pertama dan Insya Allah besok saya akan mengikuti seleksi tahap kedua…

    Saya sangat berharap bisa LOLOS hingga seleksi akhir, karena kesempatan untuk belajar ke luar negeri adalah satu kesempatan yang tidak akan saya sia2kan…
    Saya akan berusaha untuk orangtua saya, cukup mereka saja yang tidak sekolah tapi jangan sampai saya lagi yang buta akan dunia…

    Makasih…
    Assalamualaikum…

  20. .di persyaratan dtulis umur max 16…saya uda 18…apa saya bs ikut pertukaran pelajar..??

    .tolong,,,

    ,,saya sangat ingin ikut pertukaran pelajar.

  21. mau tanya.. kalo pendaftaran taun depan kan saya udah kls2 tpi msh 16 tahun.masih boleh daftar ga???

  22. ngak da buat anag smp y..
    yng lahirny thun 1995..

    kalo yang pny prestasi d bdang lain mang nggak di pertimbangin yah..

    paling nggak ada beasiswa gtuh,, walaupun nggak ke luar negeri.
    blz k email aja.

  23. kk mw nanya nih,ada nggak pngumuman seleksi yg tahap 3? cos skrng kan lg lbran nih jd sy gk tw kpn pngumumannya?bysanya sih d skola sy ada tp krn lbran sy gak bs k skola.
    bls k email aj y..
    Thanks b4

  24. Ada nggak yg for junior high? Aku pngn ikut aku lahir tgl 8 agustus 1995. Bayar berapapun aku mau deh. Kira2 biayanya berapa ya kalau ke London atau California?

  25. Ngg,,
    pengumuman JENESYS tahap tiga di msng2 chapter barengan g??

    Klo barengan kira2 tgl brp?
    Coz,,skrg sklh kan lgii lbr jdi g bs tw lgsg?
    Bwt program nii dikenain biaya brp??

  26. pndftaran april?
    telat dong?

  27. kalo anak sma sampai kelas brp? kls 3 blh ikut ga?

  28. ada kah beasiswa untuk SMA?

  29. kalau syarat-syarat nya apa aja selain kriteria siswa ?
    kpan test nya di adain ?

    tolong kabarin k e-mail aku intankaaffah@gmail.com
    aku tunggu .

    mksh ea !!

  30. thanks..
    pendaftaranya buat yang mau mendaftar sekarang ada g’….
    please bls ya ke Email saya…
    thanks…..

  31. saya seorang pelajar SMA kelas 2. saya melihat syarat tambahan yg disarankan adalah kelas 1 SMA. apakah saya masih bisa ikut tes untuk tahun depan? tapi umur saya masih 14th. padhal saya ingin sekali mengikuti program pertukaran pelajar ini. apalagi untuk ke jepang..
    trimakash sebelumny..

  32. Kok tahun 2009 gak ad perwakilan afs dari palembang???

  33. saya sangat tertarik untuk ikut intensive programnya jenesys…
    tapi saya udah kelas 3 SMA… syaratnya kan harus kelas 1 SMA, tapi ada temen se provinsi saya yang lolos dan dia kelas 3 (berangkat Juni kemarin)..
    Kalau ada info tentang jenesys tolong email saya tiyarif@gmail.com

  34. mu’Uphz.. inIey dibatasi untuk pelajaR yg keLahiran 1 Sept 92-1 apR 94.. eah??

    q kLahiran 9 ApriL 94.. ngga IzA ikUd EAh ?

  35. yang buat thn 2010 ada ga?telat nih, baru tau soalnya.

  36. yah,,,brarti ak ga ada ksempatan ikut y??? ada ga kak program prtukaran plajar yng sma slaen AFS?? ak pnegen ikut nih,,,

    jdi ntar klo ak klas 2 ga bsa ikut lgi y???? skarang ak klas 1 tp kan dah tlat,,,

  37. gimana yaa,,,
    aku mw bgt joinx,,cuman skrg aku dah klas 2, ada gak yang programnya nggak mulai dari klas 1…maksudnya program buat seperti saya yang dah klas 2..
    klo ada tlg infoin yaa

    thank`s b4

  38. tolong kalo bisa yang buat smp makasih
    ke email aja

  39. Maaf saya mau tanya,
    Untuk pengumuman tahap nasionalnya,
    Itu melalui surat atau di telfon langsung oleh pihak afsnya sendiri yah?
    Soalnya teman saya mengikuti afs dan belum diberi kabar apakah dia lolos apa tidak.
    Terimakasih.

  40. pertukaran pelajar ke jepang tingkat SD nyari infonya dimana ya….

  41. Klau thn 2011,ada gak program pertukaran pelajar negara tujuan jepang?hbsx skrang saya masi ddk di bngku smp…
    Klau ada,krim nanti yah ke alamat e-mail Thegirl_darkness@yahoo.com

  42. Kalau untuk smp kelahiran 1997 ada nggak? Khususnya yang ke Eropa atau USA. Tolong dibalas ke e-mail ya. Saya sangat membutuhkan info.-nya trimakasih.

    • maaf belum ada info lanjutan

  43. saya baru tahu ada penumuman ini. Ingin sekali mendaftar tapi sudah terlambat.
    Padahal saya oktober 1992 ni, tp sudda mw final exam terus kuliah deh..
    oia, kalau ada info tukar pelajar yg kira2 belum terlambat bwt saya..mohon diberi tahu ya :] lwat email saja amalia_mmathers@yahoo.com

    terima kasih

  44. apa harus bisa berbahasa inggris ?? terus dana kesana nya kita yg bayar atau pemerintah ?? thnx b4 !! ^^

  45. maw tanya.
    saya kan sudah lolos seleksi sampai tahap seleksi berkas,,tapi gagal d tahap tsb.kalau misalnya belok ke program afs masih bisa gak??soalnya saya tahu tmen saya bisa berangkat pake program afs hanya sampai tahap 2 atau 3 saja,gk kayak program yes.
    tolong dkirim k e mail saya.thx

  46. ak tyas,,,
    skRg aku kUl di kedkteran gigi unlam,,mulai dulu aku pnGn bgt ikUt pertukaran pelajar atau sejenisnya,,
    tP skrG aku udh mahasiswi,,,apakah ada pertukaran mahasiswi ke luar negeri sprtI aku,,
    aplGi ak skrG kul d kdKteran gigi yg tiap hari ada aja kesIbukan,,
    mhN bgt yah infOrmasinya kalo ada pertukaran mahasiswa ke luar ngri,,
    klo ada email ke aku aja,,,
    thNKs


Leave a Reply

Categories

