Posted by: phandaka | April 30, 2009

Lomba Teknologi Informasi INAICTA 2009 (Pelajar dan Mahasiswa)

inaicta2009-copyDengan tetap konsisten menargetkan peserta dari kalangan pelajar/mahasiswa, perusahaan dan institusi pendidikan, ajang lomba cipta kreativitas dan inovasi INAICTA 2009 ini menggunakan aturan dan kriteria dengan standar internasional. Hal ini sekaligus mempersiapkan pelaku ICT lokal untuk menghadapi kompetisi global. Pemenang lomba ini juga akan diberi kesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang regional dan internasional, seperti Asia Pacific ICT Award (APICTA) dan World Summit Award (WSA).

Berikut ini adalah berbagai kategori yang akan diperlombakan dalam INAICTA 2009:

B. Student

  1. Student Project (SD, SMP, SMA/SMK, PT)
    Karya inovasi berupa karya asli dari siswa atau mahasiswa; bukan merupakan hasil karya dari guru atau pembimbing. Pelanggaran atas ketentuan ini akan didiskualifikasi.
  2. Creative Robot
    • Karya inovasi dan kreatif dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK untuk mewujudkan sebuah robot yang dalam berbagai segi dapat memenuhi / sesuai dengan TEMA lomba tahun ini, dilengkapi dengan konsep desain, fungsionalitas dan pemrograman serta prototype yang dapat diperagakan.
    • Tim harus dapat membuat konsep desain dan fungsionalitas robot nya, merakit robot nya dan membuat program pengendalian robot serta mencoba mobilitas robot dalam batas waktu yang telah ditentukan. Setelah itu robot tersebut harus dapat diperagakan kepada dewan Juri.
    • Tema untuk Robot Kreatif:Robot ramah lingkungan, dengan bahan daur ulang“.
  3. Robot Maze Solving (SD, SMP, SMA/SMK)
    • Kemampuan Rancang bangun robot dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau menggunakan “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat program pengendalian robot sendiri dengan strategi yang direncanakan.
    • Tujuan kategori ini adalah membuat robot yang dapat bergerak secara otomatis untuk mencapai tujuan akhir dalam arena lomba yang telah disediakan dalam waktu sesingkat-singkatnya.
    • Tim harus dapat merakit robot nya, membuat program pengendalian robot serta mencoba mobilitas robot dalam arena dalam batas waktu yang telah ditentukan. setelah itu robot akan dilombakan dalam arena yang telah ditentukan.

C. Education Institution

  1. Telkom Smart Campus (TESCA)
    Semua bentuk penerapan TIK ke dalam proses belajar mengajar dan penelitian pada sebuah institusi pendidikan dalam rangka menambah efektivitas dan meningkatkan efisiensi proses tersebut, serta solusi-solusi TIK kreatif-inovativ yang lebih merangsang aktivitas belajar mengajar di institusi tersebut.

    1. Large Campus
      • Best Access
      • Best Content
    2. Small and Medium Campus
      • Best Access
      • Best Content
    3. Acknowledgement untuk Rektor

Ada tiga tahap penjurian untuk lomba kaya cipta teknologi informasi dan komunikasi:

  1. Penjurian berdasarkan kelengkapan dokumen dan syarat pendaftaran
  2. Penjurian offline, yaitu penjurian seluruh karya peserta
  3. Penjurian by discussion, penjurian berdasarkan presentasi peserta, di mana peserta akan mendemokan karyanya di depan juri

Untuk hasil karya peserta yang menonjol juga diberi kesempatan khusus untuk mendapatkan sorotan khusus di kegiatan business matching program, dan akan mendapatkan perhatian khusus dari sektor bisnis terkait.

Pendaftaran click disini!!logo-inaicta


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: