Posted by: phandaka | May 14, 2009

Lomba Film Video (Eagle Awards 2009)

banner-eagle-awardPendaftaran eagle awards 2009 sudah dibuka sejak tanggal 12 april 2009.

Berikut Q & A:
1. Untuk mengikuti eagle awards apakah perlu mengirimkan film? Jika perlu maka berapa durasinya?

Jawab:
Untuk mengikuti eagle awards cukup mengirimkan proposal yang sesuai dengan tema eagle awards tahun ini yaitu “Indonesia Kreatif”. Proposal yang dikirim pun bukan seperti proposal skripsi atau penelitian ilmiah. Proposal dalam eagle awards sudah memiliki bentuk yang baku. Proposal eagle awards dapat diunduh di www.eagleawards-doc.com atau jika terjadi kesulitan dalam mengunduh bisa minta kepada panitia melalui e-mail yaitu eagleawards@metrotvnews.com. Isilah pertanyaan dengan jelas dan lengkapi persyaratan yang diminta dalam proposal tersebut. Setelah itu kirim proposal tersebut dalam 2 bentuk yaitu hard copy dan soft copy. Hard copy dikirim ke EADC 2009 – MetroTV (Lobby 2) Jl.Pilar Mas Raya Kav A-D, Kedoya Kebun Jeruk, Jakarta Barat 11520. Sedangkan soft copy kirim ke eadc.metrotv@gmail.com.

2.Apakah untuk mengikuti eagle awards harus berdua? Dan kenapa harus berdua?
Jawab :
Untuk mengikuti eagle awards harus mendaftarkan diri sebegai tim yang terdiri dari 2 orang. Hal ini dikarenakan pembuatan film adalah kerja tim. Dibutuhkan kerjasama dalam banyak hal untuk mewujudkan sebuah ide menjadi sebuah film. Dengan begitu, kebutuhan akan rekan kerja menjadi sangat vital. Rekan kerja akan menjadi teman untuk berdiskusi, saling membantu dalam memenuhi kebutuhan teknis dan logistik pada saat produksi.

3.Apakah boleh jika satu tim terdiri dari anggota yang berlainan universitas?
Jawab :
Boleh.. Yang paling penting dalam pemilihan rekan satu tim adalah memiliki visi dan misi yang sama terhadap ide cerita dan sudut pandang yang akan disampaikan.

4.Bagaimana jika saya belum mengenal subjek secara pribadi? Saya hanya tau subjek dari internet dan media lainnya, apakah boleh ikut serta dalam eagle awards?
Jawab:
Salah satu poin terpenting dalam penilaian seleksi proposal eagle awards adalah kedekatan dengan subjek yang bisa saja seorang tokoh, komunitas, kelompok atau bahkan benda. Jadi jika anda baru mengenal subjek dari media maka sebaiknya anda melakukan riset lapangan. Jadikan informasi yang anda dapat dari media untuk mengenal subjek secara langsung. Datangi si subjek dan berkomunikasilah dengannya sehingga anda benar-benar tau siapa atau apa atau bagaimana karakter subjek anda dan permasalahan apa yang dhadapi.

5.Apakah boleh satu tim mengirimkan lebih dari satu ide cerita?
Jawab:
Boleh. Yang paling penting adalah anda menguasai dan memahami ide cerita anda dan punya argumentasi yang kuat kenapa ide cerita anda penting untuk dijadikan film documenter hingga ditonton oleh masyarakat luas.

Beberapa tips dalam mengisi proposal documenter eagle awards:

  • Baca TOR (Term Of Reference) Eagle Awards dengan baik dan teliti karena dalam TOR ini dijelaskan dengan gambling ide cerita seperti apa yang diminta oleh panitia terkait dengan tema besar eagle awards yaitu “Indonesia Kreatif”
  • Ikutilah petunjuk dalam mengisi form proposal
  • Jawab pertanyaan dalam form proposal dengan jawaban yang lugas
  • Lengkapi semua syarat yang diminta, baik itu syarat administrasi seperti foto kopi KTP maupun syarat yang berhubungan dengan ide cerita seperti foto subjek, kliping data dan lainnya.


Metro TV
Jl.Pilar Mas Raya Kav A-D
Kedoya, Kebon Jeruk
Jakarta, Indonesia 11520
T :+62 21 58300077.Ext 22034
FB Group : Eagle Awards Documentary Competition (EADC)
Milis : eadc@ym
ail.com


Responses

  1. salam… mo tanya info eagle award tahap selanjutnya kapan? terus temanya apa? trima kasih

  2. yang boleh ikut eagle award ini apakh cuma mahsiswa. kalau dari kalangan umum boleh ga? terus tahap selanjutnya kapan bkal diadakan? temanya apa? mkasih y

    • eagle award 2009 sudah sampai final, coba ikut lagi tahun depan


Leave a comment

Categories