Posted by: phandaka | July 24, 2009

Lomba (Nasional) Menulis Surat Buat Presiden dan Wakil Presiden RI

Aspirasi kreatif dan jenius baik berupa ide, gagasan, saran, maupun wacana bahkan “curhat” dari warga biasa kepada para pemimpin bangsa ini, sangat dibutuhkan untuk membantu mempercepat akselarasi pembangunan nasional. Sebab, tanpa adanya masukan dan saran dari rakyat (publik) secara langsung kepada pemimpin nasional, para pemimpin bakal kehilangan salah satu kontrol sosial—bahkan sarana introspeksi diri yang ampuh.

Dilatarbelakangi maksud dan tujuan di atas, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menginisiatifi adanya “Lomba (Nasional) Menulis Surat Buat Presiden dan Wakil Presiden RI (2009-2014)”. Lomba berskala nasional diperuntukkan bagi masyarakat umum, wartawan, pewarta warga maupun pelajar/mahasiswa.

Lomba ini memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah, yang tersedia bagi 3 (tiga) orang dari masing-masing kategori. Khusus Juara I memperoleh hadiah spesial berupa PPWI Award, dan bagi semua pemenang I, II, dan III, diberikan thropi, piagam penghargaan, uang pembinaan, serta hadiah-hadiah menarik dari sponsor. Selain itu, seluruh naskah yang masuk akan dibukukan dan diserahkan kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih (2009 – 2014).

Lomba dimulai pada tanggal 16 Juni 2009 dan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2009 pukul 12.00 WIB (cap pos untuk kiriman via pos).

Adapun syarat-syarat mengikuti acara ini yakni:

* Peserta tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti kegiatan lomba.

* Setiap peserta lomba harus memilih tema-tema lomba yang telah ditentukan panitia yakni:

1) Gagasan dan Harapanku pada Presiden dan Wakil Presiden RI (2009-2014).
2) Merindukan Hadirnya Presiden&Wakil Presiden RI (2009-2014) yang Merakyat.
3) Surat Cinta Sejatiku Buat Presiden dan Wakil Presiden RI (2009-2014).

* Lomba ini terkategorisasikan jadi tiga kelompok: masyarakat umum (kategori A), wartawan dan atau pewarta warga (kategori B), pelajar/mahasiswa (kategori C).

* Setiap peserta lomba boleh mengirimkan naskah lomba maksimal 3 buah; dengan catatan karya yang dikirimkan adalah milik sendiri dan dengan mengambil tema yang berbeda antara satu karya dengan karya lainnya dan bukan hasil tulisan kerjasama dua orang atau secara kelompok.

* Naskah lomba maksimal 3 halaman kuarto (A4), spasi ganda dengan jenis huruf Time New Roman, ukuran 12, margin kanan-kiri-atas-bawah standard.

* Naskah dapat dikirim melalui (pilih salah satu):

1) Situs Pewarta Indonesia di www.pewarta-indonesia.com, dengan memasukkan tulisan suratnya ke dalam rubrik “Inspirasi” dan pilih subkolom “Curhat”, dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai penulis DI SINI;

2) Langsung melalui e-mail ke: // < ![CDATA[
// < ![CDATA[
var prefix = 'ma' + 'il' + 'to';
var path = 'hr' + 'ef' + '=';
var addy41164 = 'redaksi' + '@';
addy41164 = addy41164 + 'pewarta-indonesia' + '.' + 'com';
document.write( '‘ );
document.write( addy41164 );
document.write( ” );
//\n
// –>
// ]]>
redaksi@pewarta-indonesia.com // < ![CDATA[
// < ![CDATA[
document.write( '‘ );
// ]]>This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it // < ![CDATA[
// < ![CDATA[
document.write( '’ );
// ]]>
; atau

3) Print-out (hard-copy), ketikan komputer, mesin ketik, atau tulisan tangan, dikirim melalui pos atau jasa pengiriman lainnya ke alamat Sekretariat Panitia Lomba seperti tercantum di bawah pengumuman ini.

* Aspek penilaian terdiri atas:

1) Orisinalitas ide atau gagasan;
2) Gaya bahasa dan estetika;
3) Tata letak dan penggunaan kaidah Bahasa Indonesia yang benar;

* Setiap karya yang dikirimkan (via email, situs, pos) agar dicantumkan data singkat penulis berisi nama lengkap (beserta gelar kalau ada), tempat/tgl lahir, pekerjaan, nomor telepon/HP dan email serta tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut, di bagian akhir surat.

* Pengumuman pemenang akan dilakukan melalui situs: www.pewarta-indonesia.com pada tanggal 1 November 2009 dan pemberitahuan melalui email atau pertelepon kepada para pemenang.

* Keputusan dewan juri tak bisa diganggu-gugat (dewan juri terdiri atas jurnalis, akademikus, novelis).

Sungguh rugi lho kalau tak mengikuti lomba ini, inilah kesempatan emas Anda untuk bisa “bercurhat” dan menyampaikan aspirasi serta gagasan kepada orang nomor satu dan dua (Presiden dan Wakil Presiden RI) di negeri ini. Ayo buruan ikut; ajak famili, rekan, handai tolan dan siapa saja untuk bisa mengikuti perlombaan yang sangat istimewa dan luar biasa ini !!! (**)
Sekretariat Panitia:

Alamat 1:
Gedung Dewan Pers (Jakarta Media Center) Lantai 1
Jl. Kebon Sirih Raya Nomor 32 – 34 Menteng
Jakarta Pusat – Indonesia, 10110;

Alamat 2:
Redaksi Explore Indonesia
Jl. Danau Diatas No. 94 Bendungan Hilir
Jakarta Pusat, Indonesia, 10210

e-mail: // < ![CDATA[
// < ![CDATA[
var prefix = 'ma' + 'il' + 'to';
var path = 'hr' + 'ef' + '=';
var addy90157 = 'redaksi' + '@';
addy90157 = addy90157 + 'pewarta-indonesia' + '.' + 'com';
document.write( '‘ );
document.write( addy90157 );
document.write( ” );
//\n
// –>
// ]]>
redaksi@pewarta-indonesia.com // < ![CDATA[
// < ![CDATA[
document.write( '‘ );
// ]]>This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it // < ![CDATA[
// < ![CDATA[
document.write( '’ );
// ]]>

Telepon: 021-3341766, 5705101, 5708725
Fax: 021-5745224;

PO. BOX 53 JKPJJ.
Handphone: 081371549165 (Shony), 081584021244 (Andy);
Website: http://www.pewarta-indonesia.com


Responses

  1. pengen ikutan, tp cari inspirasi dulu nih

  2. wah… keren juga!itung-itung kritik& saran secara halus for the next president…… ya, gak?

  3. […] Lomba (Nasional) Menulis Surat Buat Presiden dan Wakil Presiden RI […]

  4. Ho…, yang kaya gini perlu ^^ MAri kita membuat surat cinta terindah buat presiden dan wakil presiden kita…
    Tak ada ambisi menang, bisa dibaca suratnya aja dah seneng… tehe…\o_0/

  5. ikutan yuuuuuuukk

  6. lomba ini sungguh bagus. Semoga dapat membuat Indonesia ini menjadi lebih baik.

  7. Iya, bagus ini kalau memang benar2 bisa terealisasikan..Sepertinya kita butuh Presiden yg bisa merubah sikapnya thd rakyat, siapapun itu. Presiden yg merakyat, like a Mahmoud Ahmad Deenedjad…

    Semoga menjadi Inspirasi.

    Salam Hebat Utk penulis Indonesia

  8. wahhh pengen ikutan nih..kali aja permohonan kita bisa di realisasikan sama pak presiden, hehe

  9. haaaa….. wahhh buat bapak presiden dan pak wapres bakalan dapet banyak surat donk!!! nantinya………. smoga apa yg menjadi harapan kami disuratnya nanti bisa bener2 dikabulkan
    serru juga nehhh bsa ngirim surat bwt presiden

  10. asal jangan kirim surat cinta kan!!!hehe
    Inspiration, come here???
    Baru kali ini ada lombaa nulis surat bwt Pres. WaPres.
    Mantaaaap!!!!

  11. dah ada ibspirasi ie, tinngal dituangin ke tulisan aza… asal gag sampe tumpah..

  12. dah ad inspirasi ie…. tinggal dituangi aza, tapi gag sampe tumpah kuq

  13. ok, seru juga nih…….,
    thanks infonye

  14. kok disitu ditulis lomba diakhiri tanggal 20 oktober?
    akhirnya saya baru akan mengirimkannya ke redaksi tanggal 4 oktober. tapi setelah saya masuk ke webnya kok lomba diakhiri tanggal 30 september????????
    gimana ni?????
    saya jadi nggak bisa ikut nihh….
    hiks…hikss….:(

  15. ehmmmm,kayaknya keren…,tpi susah jd pemenangnya ych….,kan rame bgt…

  16. Yth. Pembaca Media-online ajangkompetisi.com

    Kami amat mengapresiasi inisiatif ajangkompetisi.com dalam menyebarluaskan informasi tentang lomba tingkat nasional menulis surat untuk presiden dan wapres (2009-2014). Apresiasi yang sama juga kami tujukan kepada para pembaca dan masyarakat luas yang antusias mengikuti lomba tersebut, baik yang sudah mengirim naskah maupun yang belum sempat mengirimkan naskahnya.

    Sayang sekali, pembaharuan informasi agak terlambat diterima masyarakat dan pembaca situs ini. Perubahan (percepatan) penutupan lomba yang semula dijadwalkan tanggal 20 Oktober 2009, dimajukan menjadi 30 September, telah kami (Redaksi Pewarta-Indonesia.Com) lakukan segera setelah melihat hasil pilpres tanggal 8 Juli yang mengindikasikan pilpres hanya berlangsung 1 putaran.

    Sesuai perkembangan kerja panitia di tengah-tengah perjalanan lomba, diputuskan untuk mengupayakan mengundang pemenang untuk hadir pada upacara pelantikan presiden/wapres SBY-Budiono, pada tanggal 20 Oktober mendatang. Berkaitan dengan hal tersebut, panitia penyelenggara bersama dewan juri memerlukan waktu untuk melakukan analisis, verifikasi, penilaian, dan penentuan hasil karya terbaik untuk dinominasikan sebagai pemenang.

    Kepada mereka yang belum sempat mengirimkan suratnya, mohon tidak berkecil hati. Anda dipersilahkan untuk mengirimkan naskahnya ke redaksi@pewarta-indonesia.com atau melalui situs http://www.pewarta-indonesia.com. Surat-surat yang masuk sesudah tanggal 30 September 2009 tidak akan diikutkan lomba, namun akan dimasukan ke dalam buku yang rencananya akan dicetak oleh PPWI untuk kemudian diserahkan kepada presiden/wapres, dan instansi/institusi, serta pihak-pihak lainnya.

    Mohon diingat bahwa pengiriman surat susulan ini tidak melewati batas waktu tanggal 17 Oktober 2009 pukul 12.00 (siang hari).

    Demikian informasi ini kami sampaikan, sekali lagi lagi kami sampaikan penghargaan kepada pengelola situs ajangkompetisi.com dan pembaca/masyarakat semuanya. Mohon maaf dan terima kasih.

    Salam hangat,
    Redaksi Pewarta Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: